Kuliah di Sistem Informasi tapi masih belum punya pandangan kerja. Don’t Worry!!

Program Studi Sistem Informasi adalah program studi yang mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan sistem informasi, seperti Algortima, Data dan Tekhnologi. Program Studi ini mempunyai prospek kerja yang cukup baik, karena disaat seperti sekarang ini dimana segala hal tekhnologi disekitar kita semua berkaitan dengan sistem informasi.

So, program studi ini sangat cocok bagi kamu yang senang dengan komputer dan tertarik di bidang tekhnologi.
Semasa perkuliahan, kamu akan mempelajari beberapa mata kuliah seperti : Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi, Algoritma dan Pemrograman, Matematika Diskrit, Sistem Operasi, Kalkulus dan Aljabar Linier, Pengembangan dan Implementasi Perangkat Lunak, dan lain sebagainya.
Dan inilah beberapa prospek kerja dari lulusan Sistem Informasi :

1. Sistem Analis / Analyst System

Sistem Analis adalah orang yang bertugas untuk menganalisis segala hal tentang sistem operasi atau informasi dari suatu badan / lembaga / perusahaan yang menggunakan sistem tersebut. Seorang Analyst System ini bisa secara khusus jadi bagian dari perusahaan tersebut, ataupun berdiri sendiri dan mengerjakan proyek analis sistem informasi di sebuah perusahaan.

 

2. IT Manager

Setiap perusahaan saat ini pasti tidak akan terlepas dari yang namanya sistem Informasi dan teknologi komputer yang mendukung lancarnya pekerjaan dari sebuah perusahaan. Lulusan dari Sistem Informasi juga di proyeksikan untuk bisa menjadi IT manajer karena dibekali kemampuan skill dan belajar juga manajemen, meskipun begitu tentu saja jika kamu seorang fresh graduate tidak akan langsung begitu saja menjadi seorang IT Manajer, apalagi disebuah perusahaan yang besar.

3. Database Administrator

Selanjutnya, lulusan dari sistem informasi juga bisa bekerja sebagai Database Administrator atau yang lebih sering dikenal sebagai Admin yang memegang komputer dan mengelola data-data dari sebuah perusahaan, data-data ini harus diatur dan dirapikan untuk menunjang kemudahan informasi untuk bagian-bagian lain dari perusahaan tersebut.

4. Web Developer / Programmer

Web Developer ataupun Programmer sebenarnya merupakan dua hal yang berbeda, tapi memang sangat berkaitan. Web Developer adalah pekerjaan pemogramman yang berkaitan dengan proses membentuk atau membuat sebuah web/website. Menjadi Web Developer ini bisa saja bekerja mandiri atau freelance, atau bergabung dengan perusahaan jasa Web Developer.

Programmer ini adalah orang yang mengerjakan pengembangan sebuah perangkat lunak untuk berbagai kebutuhan. Sama halnya dengan Web Developer, tentu saja seorang programmer bisa bekerja mandiri maupun bergabung dengan perusahaan jasa pengembang perangkat lunak ataupun sebuah perusahaan start up.

5. Konsultan IT

Saat ini dunia IT semakin besar dan membuat dunia IT ini sebagai salah satu bidang yang memerlukan banyak profesional, termasuk Konsultan IT. Konsultan IT ini merupakan orang/lembaga yang bergerak dibidang jasa pelayanan konsultasi tentang IT(Web Development, Software, Elektronik, Sistem Informasi dll). Kamu bisa menjadi konsultan mandiri, maupun bekerja disebuah perusahaan Konsultan IT.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Bersama Himasif : Berfikir cerdas, Melakukan dengan Ikhlas, Bergerak Penuh Semangat